Skip to main content

Tips Megatur Budget Dekorasi Pernikahan

Mewujudkan acara resepsi pernikahan yang berkesan sebenarnya sangat mudah, cara yang paling simple adalah dengan menyerahkan semuanya pada WO yang tepat dan tentukan Vendor Wedding yang terbaik pasti acaranya sempurna. Namun untuk mewujudkan itu semua juga dibutuhkan biaya yang tidak murah padahal kebanyakan para  calon pengantin yang akan melangsungkan pesta resepsi pernikahan selalu dibatasi oleh budget yang harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena banyaknya kebutuhan dan pengeluaran didalamnya. 

Besaran budget yang disiapkan oleh calon pengantin pun berbeda-beda, untuk itu ada baiknya para calon pengantin mencari strategi yang mantap untuk mengatur pengeluaran atau kebutuhan sampai dengan hari H resepsi pernikahan.

Berdasarkan pengalaman selama ini berikut beberapa tips mengatur budget dekorasi pernikahan di gedung pondok indah lestari;
  1. Seperti yang sudah disampaikan diartikel sebelumnya, dalam memilih lokasi pelaminan resepsi pernikahan di pondok indah lestari ternyata hal ini sangat berpengaruh dengan budget yang harus disiapkan oleh calon pengantin karena area venue serta kebutuhan tambahan yang harus dikeluarkan ketika membuat rencana penempatan pelaminan. Untuk Anda yang memiliki budget yang sangat terbatas untuk biaya dekorasi disarankan cukup menggunakan area gedung yang bisa digunakan sebagai pelaminan seperti diteras depan atau didalam aula atau ruang serba gunanya. Ketika anda ingin memanfaatkan semua area termasuk taman yang cukup luas maka anda harus memperhitungkan perkiraan cuaca pada saat hari H resepsi pernikahan, selain itu diskusikan juga dengan pihak WO plan A & plan B yang harus disiapkan. Kalau memang ingin memanfaatkan semua area dan ingin posisi pelaminan diarea taman, maka sangat disarankan menggunakan level atau panggung tambahan serta tenda dekor VIP yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun hal ini sudah pasti membutuhkan budget lebih karena otomatis nantinya akan membutuhkan perlengkapan lainnya juga seperti AC tambahan, misty fan tambahan, lighting tambahan bahkan flooring menuju area pelaminan.
  2. Tentukan batas area yang ingin dan harus didekor, karena dengan memberikan batasan maka anda dan vendor dekorasinya dapat dengan leluasa menentukan properti dekorasi yang ingin diletakkan pada area tersebut dengan semaksimal mungkin. (ingat kelebihan dari pondok indah lestari, memiliki banyak furniture dan asesoris yang bisa dijadikan properti dekorasi sehingga bisa meminimalkan budget dari vendor dekorasinya). Semakain luas batasan yang ditentukan biasanya budget yang harus dikeluarkan pun akan semakin besar karena melihat area PIL yang sangat luas.
  3. Tentukan Tema Dekorasi yang diinginkan, tema sangat berpengaruh dengan budget dekorasi yang nantinya akan dikeluarkan. untuk tema dekorasi tradisional jawa sepertinya tema resepsi dengan budget yang paling bersahabat, karena venue sudah kental dengan arsitektur jawa serta ornamen dekorasi khas jawa yang berbahan dasar kayu jadi yang etnik. Untuk tema sunda atau tema tradisional dari daerah manapun sebenarnya oke-oke saja bila ingin tetap memaksimalkan area venue yang ada dengan menambahkan asesoris kain dari daerahnya masing-masing. Untuk anda yang menginginkan tema jawa yang lebih modern disarankan memilih tema dekorasi putih dengan menggunakan gebyok putih full diare yang diinginkan. Sedangakn untuk tema yang lain pastinya akan membutuhkan budget yang lebih untuk disesuaikan dengan detail dari dekorasi yang diinginkan. jadi menentukan tema itu sangat penting sebelum menentukan detail bunga atau properti dekorasi lainnya.
  4. Tone warna bunga, tema warna bunga, dan jenis bunga yang diinginkan. Salah satu hal penting untuk mempercantik tema dekorasi yang sudah ditentukan adalah pemilihan tone serta jenis bunga yang akan digunakan. Sebagai contoh tema yang diinginkan tradisional jawa modern dengan menggunakan pelaminan gebyok putih diarea teras depan venue, maka yang harus ditentukan selanjutnya adalah tone bunganya mau seperti apa? full putih? pastel? full merah? full kuning? kombinasi kuning & orange? kombinasi pink dan ungu? itu harus bisa ditentukan dengan mencari reverensi dari portofolio vendor dekorator yang ada. Setelah menentukan tone warna bunga yang diinginkan selanjutnya anda harus mendiskusikan dengan vendor dekorasi jenis bunga apa yang bisa digunakan dengan budget yang sudah disiapkan, pilihannya mau pakai bunga palsu atau bunga segar? kalau bunga segar, mau pakai bunga lokal semua, atau bisa dikombinasikan antara bunga lokal dengan bunga import? semua itu dikembalikan dengan pilihan tone yang diinginkan serta budget yang disiapkan utuk dekorasi. Hal lainyang berhubungan dengan harga bunga adalah musim atau bulan-bulan tertentu yang membuat harga bunga menjadi sangat mahal seperti tanggal cantik 12-12-12 yang lalu, atau ketika permintaan bunga banyak namun pasokan bunga yang ada sangat terbatas.
  5. Setelah menentukan tone serta jenis bunga yang akan digunakan, hal lain yang sangat berpengaruh dengan budget adalah jumlah titik yang menggunakan dekorasi bunga. semakin banyak titik yang harus didekor atau diberi rangkaian bunga maka semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan. Setiap orang pasti punya selera dan keinginan yang berbeda-beda dalam hal penentuan titik yang harus didekor. untuk itu sangat disarankan untuk mendiskusikannya secara mendetail dengan vendor yang anda pilih, syukur-syukur vendor dekorasinya mau membantu anda untuk mengatur dekorasi yang anda inginkan sesuai dengan budget yang anda siapkan. 
Semoga tips ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari reverensi dalam mengatur budget dekorasi pernikahan. 

teks by @taufikarmand

Comments

Popular posts from this blog

Dekorasi Photo Booth - Wall Of Fame Resepsi Pernikahan

Trend baru dari sebuah dekorasi resepsi pernikahan adalah hadirnya satu area dalam ruangan gedung resepsi yang didekor seperti wall of fame tempat dimana para tamu undangan dapat mengabadikan moment bersama teman dan kerabat dengan berfoto-foto, area ini sering disebut dengan Photo Booth,  Area photo booth ini biasanya dihias oleh vendor dekorasi mengikuti tema atau konsep dari sebu h resepsi pernikahan, seperti tradisionla jawa, vintage, garden, minimalis ataupun tema yang biasa dicustom sesuai selera kedua mempelai.  Saat ini banyak sekali jasa photobooth yang menawarkan beragam jasa dan paketnya tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang disiapkan baik yang menyediakan paket komplit maupun paket satuan yang juga bisa dipilih secara custom. Photo Booth ini bisa dihadirkan dengan tanpa operator fotografer yang biasa mengambil gambar kemudian mencetaknya dengan sebuah frame cantik dan dijadikan souvenir pernikahan sebagai kenang-kenangan. Namun sering juga area pho

Ide-Ide Unik Pembuatan Wedding Sign Handmade Dalam Dekorasi Pernikahan

Wedding sign seringkali terlewat dari list detail perencanaan dekorasi pernikahan. Padahal Anda bisa membangun konsep yang lebih kuat dengan membuat wedding sign yang sesuai dengan tema Salah satu detail dekorasi yang tidak bisa anda lepaskan dalah sebuah dekroasi pernikahan adalah penempatan wedding sign diarea resepsi pernikahan. Di Indonesia wedding sign biasanya identik dengan pembuatan janur namun budaya janur ini sudah demikian mendarah daging hingga digunakan oleh banyak budaya dan adat. Biasanya untuk mengidentifikasi pemilik acara, di sisi bawah janur diberi nama sesuai dengan pasangan pengantin. Sayangnya penamaan di sini terkesan dibuat dengan asal sekedar untuk kepentingan penamaan pengantinnya saja. Kembali, penggunaan janur yang secara umum menjadi pilihan terlepas dari bagaimana dekorasi utama dalam ruang resepsi menguatkan anggapan bahwa wedding sign sepenuhnya bagian dari resepsi itu sendiri.   Padahal Anda bisa memberikan nilai tambah dalam k

20 Item Vintage Wedding Rentals

Kami yakin bahwa banyak dari pasangan pengantin yang akan melaksanakan resepsi pernikahan menginginkan tema atau gaya pernikahan vintage dengan asesoris rustic vintage yang bisa disebar diseluruh area resepsi pernikahan, untuk mendapatkannya ternyata tidak harus membeli karena semua itu bisa didapatkan dengan cara sewa selama acara berlangsung, lalu akhirnya bertanya-tanya di mana pasangan menemukan semua item besar untuk dekorasi pernikahan mereka termasuk asesoris vintage untuk disewa ???. Dengan adanya kebutuhan akan dekorasi vintage tersebut maka kami mencoba mengumpulkan 10 daftar item asesoris yang mungkin bisa anda sewa sebagai pelengkap dekorasi pernikahan anda !!! 1. Buku Vintage Menggunakan asesoris buku vintage untuk dijadikan bagian dari dekorasi ruangan dengan susunan buku yang rapih ataupun acak menjadi sangat populer saat ini, Dengan adanya dekorasi dengan menggunakan buku vintage ini akan sangat bagus bila dipadu padankan dengan menambahkan meja kayu deng